'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Antusias Guru-guru TK ‘Aisyiyah di Kota Palembang Mengikuti Zoominar Lanjutan LLHPB Pimpinan Wilayah ’Aisyiyah Sumatera Selatan
20 Agustus 2020 15:25 WIB | dibaca 97

Dalam Rangka Mensukseskan Program Keluarga dan Komunitas Lenting, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA Sumsel, bekerja sama dengan LLHPB PPA dan TAF, mengadakan Edukasi tentang Situasi Pandemi Covid-19 dan Perilaku Hidup Sehat Khusus pada Perempuan pada: Hari Rabu19Agustus 2020 Pukul 13.00-15.30 WIB melalui media Zoom.

 

PadaZoominar Edukasilanjutanyang diselenggarakan LLHPB PWA Sumatera Selatan menyasar kepada para guru-guru  TK ‘Aisyiyah di Kota Palembang. Dalam kesempatan kali ini diikuti sebanyak 43 guru.

 

Dalam sambutannya Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Selatan Ibu dra. Hj. Darmi Hartati, MM menyampaikan pesan kepada para peserta untuk mengikuti acara ini dengan seksama mengingat pentingnya materi yang akan disampaikan hari ini.Beliau juga mengucapkan terima kasih yang penghargaan yang setinggi-tingginya kepada narasumberBapakYudi Setiawan, SKM., M. EpiddariDinas Kesehatan Kota Palembangdan Ibu dr. Ratih Pratiwi, SpOG (Dokter Spesialis Kebidanan di RS. Muhammadiyah Palembang) atas kesediaannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta apresiasi yang tinggi dari segenap jajaran PWA Sumatera Selatan kepada Panitia penyelenggara atas keberlangsungan dan kelancaran acara.

 

BapakYudi Setiawan, SKM., M. Epid Dalam pemaparannya menyampaikan ada lima tatanan PHBS yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu PHBS di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, dan tempat umum. Dengan adanya imbauan dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, agar masyarakat melakukan segala aktivitas di rumah dan menghindari keramaian (social distancing), tatanan PHBS di rumah tangga merupakan titik yang paling penting untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

 

Dalam pemaparannya dr. Ratih Pratiwi, SpOG yang menyampaikan materi “ Hamil di Era Pandemi Siapa Takut” menyampaikan anjuran bagi ibu hamil untuk Menjaga kehamilan secara mandiri di rumah dengan:Istirahat yang cukup, Makan makanan bergizi, Menjaga kebersihan diri, Konsumsi suplemen kehamilan, Melakukan aktivitas fisik secara mandiri di rumah: senam/yoga/peregangan,  Mengawasi gerakan janin

Zoominar yang diselenggarakan selama 2,5 jam ini terasa cepat sekali, mengingat banyaknya pertanyaan dan antusias nya para peserta mengikutinya, mengingat pentingnya pemahaman tentang perilaku hidup sehat khusus perempuan dalam situasi Pandemik Covid-19 seperti ini

Di penghujung acara yang di pandu oleh ibu Ns. Indah Arifah, S. Kep, mengajak para peserta untuk berfoto bersama sebelum menutup acara ini dengan hamdalah.

(M. Muttaqien Ch/LLHPB PW.’Aisyiyah Sumatera Selatan)

Shared Post: